Cara memakai jilbab segi empat modis dan modern dengan tutorial plus gambar

Apakah Anda tahu, apa jilbab? Jilbab adalah penghalang atau digunakan oleh wanita muslim yang juga disebut dengan kerudung. Tapi dalam Islam, jilbab lebih tepat untuk merujuk kepada prosedur yang berpakaian adalah sesuai dengan tuntunan agama. Rakyat Indonesia khususnya sudah lama berhijab untuk memenuhi tuntutan ajaran agama islam, tetapi secara bertahap tren penggunaan jilbab juga digunakan untuk mempercantik dan membuat penampilan lebih modis. Salah satu tren adalah cara memakai jilbab persegi sederhana yang banyak mencintai remaja hari ini.

Cara memakai jilbab segi empat modis dan modern dengan tutorial plus gambar

Model hijab segi empat memang banyak sekali model dan macamnya. Model hijab ini dapat digunakan untuk acara – acara penting seperti di kantor, pesta, undangan perkawinan, dan acara semi formal lainnya. Bukan cuma pemakainya saja yang semakin hari semakin banyak, tetapi model hijab yang ada sekarang pun semakin bervariasi.

Ada banyak variasi dan model kerudung segi empat yang saat ini dijual dipasaran. Variasi hijab ini bisa dilihat dari segi motifnya, warna, maupun bahan yang digunakan. Untuk bahan yang tipis dan agak menerawang mungkin lebih tepat difungsikan sebagai pelapis. Sedangkan bahan lainnya, seperti serat sutera ataupun bahan sifon bisa dipilih untuk jilbab langsung.

Seiring berkembangnya tren hijab, tutorial hijab pun bisa dengan mudah ditemui di YouTube. Meski begitu, tampaknya popularitas dari hijab berbentuk segi empat tak menurun bahkan semakin banyak tutorial yang menggunakan jenis hijab yang satu ini.

Macam-macam Hijab Segi empat

Jilbab Segi Empat Syari

Jilbab segi empat syari ini dapat menutupi area lebih panjang dibanding segi empat biasa karena ukuranya memang yang lebar. Jilbab segi empat syari ini terbuat dari bahan katun yang tebal dan tidak terawang karena memang tujuanya utuk menutupi bagian yang seharusnya dititupi.

Segi empat umama casablanca 

Model hijab ini memiliki full motif. Untuk bahan sendiri umama casablanca menggunakan bahan polyster atau kain sintetis. Memang jilbab casablanca tidak setebal katun jepang namun kain tidak seperti paris lebih tebal dan lebih halus.

Segi empat Tassel

Berbeda dengan kerudung rawis, Hijab segi empat tassel memiliki hiasan tassel pada sisi kerudung. Tassel sendiri adalah benang yang diikat menyerupai hiiasan ujung tasbih. Tassel biasanya terbuat dari bahan woll agar terlihat mengembang dan cantik.

Hijab Rawis Square

Hijab model ini sangat terkenal di kalangan remaja. Hijab ini memiliki bahan yang dingin dan lembut yaitu double sifon, nyaman dipakai, tidak licin dan tidak membuat gerah. Hijab ini juga tidak terawang.

Tutorial pemakaian hijab segi empat untuk wajah bulat

Bagi Anda yang memiliki wajah bulat, ada beberapa trik untuk menjadikan wajah terlihat lebih tirus. Pilih jilbab dengan kain tipis dan flowing, lalu majukan kerudung agar menutupi separuh bagian pipi. Paling penting untuk diingat, pilih model ikatan jilbab yang tidak terlalu berat di bagian atas.

Cara memakai jilbab segi empat modis dan modern dengan tutorial plus gambar

Mempunyai muka bulat memanglah sedikit susah ketika menggunakan hijab, lantaran dengan muka bentuk ini anda sering kali punya masalah dengan style hijab yang cocok untuk anda gunakan. Semua itu tidak perlu dicemaskan lagi, bahkan sudah banyak sumber yang akan memebrikan tips cara berhijab untuk wajah bulat. Berikut tutorial pemakaian hijab segi empat yang cocok untuk wajah bulat
  • Ambil hijab paris dan lipat menjadi bentuk segitiga, tempatkan dikepala, pastikan kedua ujung hijab memiliki ukuran yang sama panjang.
  • Kemudian berikan jarum pentul dibagian pipi sebelah kiri untuk merekatkan hijab agar tidak goyang.
  • Selanjutnya tarik bagian kiri yang baru saja kita berikan jarum pentul kebagian kanan dan rekatkan bagian ujung hijab ini dibagian pipi sebelah kiri.
  • Sematkan pula jarum pentul dibagian pipi sebelah kanan.
  • Tarik bagian ujung hijab sebelah kanan dan lipat keatas dengan diberi sedikit ruang untuk memberikan efek melengkung. Berikan jarum pentul dibagian tengah.
  • Sementara bagian ujung sisa hijab tadi, anda bisa melipatnya dan memutarnya membentuk lingkaran kemudian berikan jarum pentul untuk merekatkannya. Berikan juga jarum pentul dibagian pipi kanan, kemudian rapihkan bagian yang masih terlihat berantakan.
Tutorial pemakaian hijab segi empat untuk sehari – hari

Cara memakai jilbab segi empat modis dan modern dengan tutorial plus gambar

Memakai hijab untuk keperluan sehari-hari dalam moment santai misalnya berkumpul dengan para sahabat, keluarga tercinta dan kerabat, tentu anda harus tetap perhatikan penampilan. Berikut cara memakai hijab segi empat sederhana yang cocok untuk sehari- hari.
  • Bentuk hijab segiempat menjadi persegi panjang dan pakai hijab dengan posisi bagian kanan lebih panjang.
  • Jangan lupa memakai inner hijab terlebih dahulu, gunakan dalaman ninja.
  • Bawa sisi kanan hijab ke kiri dan kuatkan dengan jarum.
  • Rapikan bagian hijab yang lain seperti dibagian kanan dan kiri bagian kepala supaya bentuk hijab tidak bergeser nantinya.
Tutorial pemakaian hijab segi empat yang tampil elegan

Cara memakai hijab segi empat simple, elegan, dan tetap modis memang belakangan ini banyak dicari dan diminati oleh para hijabers, tidak lain karena mereka ingin tahu bagaimana langkah-langkah sederhana dalam menggunakan jilbab tapi tetap menghasilkan penampilan yang tetap modis.

Cara memakai jilbab segi empat modis dan modern dengan tutorial plus gambar

 Berikut tutorial pemakaian hijab segi empat yang tampil elegan.
  • Lipat jilbab Anda menjadi dua bagian.
  • Tempatkan di atas kepala anda dengan sisi panjang dan pendek
  • Sematkan jarum di bawah dagu anda
  • Ambil sisi panjang dari luar
  • Kemudian taruh di atas kepala Anda
  • Sematkan jarum pentul atau peniti agar terlihat rapi
  • Ambil kain yang tersisa di dada anda
  • Dan sematkan jarum atau peniti di sisi kepala anda untuk terlihat rapi
Tutorial pemakaian hijab segi empat untuk sekolah

Siswa sekolah memang tidak boleh menggunakan model kerudung yang terlalu meriah dan dari bahan mewah yang glamour yang penuh warna.

Cara memakai jilbab segi empat modis dan modern dengan tutorial plus gambar

Hal ini dikhawatirkan akan membuat proses belajar mengajar di sekolahan menjadi terganggu.Bagi siswa sekolah, kesederhanaan pakaian merupakan lambang egaliter antar siswa dan memakai jilbab dengan warna polos biasanya sudah menjadi peraturan di dalam sekolah tersebut. Berikut cara memakai jilbab segi empat simple untuk ke sekolah.
  • Pakai ciput ninja dan siapkan kerudung yang sudah kamu pilih. Lipat jilbab tersebut menjadi bentuk segi tiga.
  • Pasang hijab tersebut di atas kepala dengan posisi sama panjang antara sisi kanan dan sisi kiri.
  • Ambil bagian tengah sisi kanan.
  • Kemudian lingkarkan di leher dan pasang pin di depan telinga kiri.
  • Ambil sisa bagian tersebut.
  • Kemudian tarik kebelakang dan sematkan pin kedua.
  • Ambil ujung hijab sebelah kiri kemudian tarik ke bahu kanan dan sematkan bros bunga di bahu kanan.
  • Model seperti ini masih diperbolehkan untuk di pakai di sekolah.
Tutorial pemakaian hijab segi empat fasionable

Berbagai macam style akan sebuah busana hijab yang kian hari semaki memberikan warna pada kreasi model jilbab yang modis dan modern. Dengan model kerudung yang dipola menjadi gaya yang amat menawan membuat banyak wanita semakin tergerak untuk mengikuti gaya baru yang diberikannya ini. Berikut tutorial hijab yang fasionable.

Cara memakai jilbab segi empat modis dan modern dengan tutorial plus gambar

Berikut Cara pemakaian hijab segi empat fasionable

  • Lipat hijab menjadi bentuk persegi panjang dan kaitkan kedua sisi yang dalam dengan jarum.
  • Tarik bagian kiri hijab ke kanan lalu kaitkan dengan jarum.
  • Bagian kanan dalam ditarik ke kiri lalu keatas.
  • Sisa (bagian luar) kanan ditarik kebelakang dan rapikan dengan jarum.

Tutorial pemakaian hijab segi empat untuk ke kantor

Dengan menggunakan Jilbab Segiempat, hijaber dapat memodifikasi dan berkreasi dengan penampilan, ini menjadi salah satu dari kelebihan jilbab segiempat yang mudah digunakan dalam beraktifitas sehingga tak memerlukan waktu yang lama. 

Cara memakai jilbab segi empat modis dan modern dengan tutorial plus gambar

Hijab model ini akan cocok bagi anda yang sehari-hari bekerja sebagai wanita karir. Berikut cara pemakaian hijab segi empat untuk ke kantor.
  • Gunakan ciput ninja terlebih dahulu
  • Posisikan hijab dalam kondisi segiempat, jangan dibuat segitiga.
  • Setelah itu tempatkan dibagian kepala, posisikan bagian kiri lebih pendek dari sebelah kanan atau dapat juga di balik.
  • Ujung jilbab yang lebih pajang ditarik keatas kepala dan di lilitkan di atas kepala, kemudian letakkan disebelah kanan atas. sematkan dengan memakai jarum pentul.
  • Bagian belakang yang masih menjuntai, ditarik dan ditempatkan kedepan diatas kepala sehingga membentuk pola berlapis dan pastikan kedua ujungnya memiliki ukuran yang sama panjangnya.
  • Berilah jarum pentul dikedua sisinya untuk menjaga kekuatan hijab tidak terlepas.
  • Ikatlah kedua ujung kebagian dalam, lalu tutupi dengan ujung yang terjuntai di depan

Cara memakai jilbab pashmina

Belakangan ini jilbab pashmina semakin digemari para wanita. Pasalnya kedua jenis jilbab ini bisa memberikan tampilan menarik dan mewah.

Cara memakai jilbab segi empat modis dan modern dengan tutorial plus gambar

Pashmina adalah istilah yang sering dipakai untuk menyebut jilbab selendang. Sementara pashmina yang sesungguhnya adalah kain selendang berbahan wol atau kashmir.

Organza merupakan jenis kain yang tipis dan tembus pandang, dengan permukaan mengkilap dan lebih kaku daripada sifon.

Bagaimana cara memakai jilbab pashmina dan organza yang stylish? Berikut ini satu tutorial yang bisa Anda coba.

  • Setelah memakai inner, pasang pashmina di kepala dengan bagian kanan lebih panjang. Bagian kiri cukup sepanjang dada atas. Sematkan tepi kain sebelah kiri ke bawah telinga kanan.
  • Rapikan kerudung, kemudian tarik kain yang ada di sebelah kanan ke belakang pundak kiri.
  • Tarik terus sampai kembali ke pundak kanan. Biarkan terjuntai dan rapikan dengan tangan.
Tips Memilih Hijab yang baik sesuai dengan bentuk wajah 

Bahan yang nyaman

Pemilihan bahan, bagi para pengguna hijaber bahan merupakan hal penting yang harus diperhatikan setelah tampilan motif. Karena bahan itu sendiri akan berkaitan dengan kenyamanan si pemakai hijab. Beberapa bahan-bahan yang sering di pakai dalam pembuatan jilbab antara lain bahan kaos, bahan sutra, bahan voile, dan bahan sifon.

Corak atau motif

Sekarang ini banyak aneka jenis jilbab segi empat yang dipasarkan dengan motif dan corak yang beragam, sehingga cukup banyak menarik minat wanita-wanita untuk membelinya. Corak dan motif dari jilbab sebaiknya anda sesuaikan dengan busana yang akan dipakai karena jika kedua-duanya tidak terlihat serasi akan menimbulkan kesan norak dan ketinggalan jaman.

Bentuk wajah hati

Orang dengan wajah hati memiliki bentuk wajah yang lebih kecil, dengan jarak dari mata ke dahi cukup dekat. Pilih jilbab praktis model bergo atau gipsi dan menghindari model layering karena dapat membuat wajah anda terlihat lebih kecil dan tenggelam.

Warna jilbab

Begitu juga dengan warna. Warna jilbab sudah pasti di sesuaikan terlebih dahulu dengan busana yang akan dipakai, namun jangan takut tampil beda, karena perpaduan warna-warna terang juga cukup menjadi trending topik pada jaman modern sekarang ini.

Berwajah bulat

Pemilik wajah bulat akan terlihat semakin cantik memakai jilbab bila memakai inner hingga menutupi sampai bagian bawah telinga. Dengan memakai inner akan bisa menutupi sebagian sisi atas pipi. Setelah itu, pilih jilbab dengan bahan loose yang akan membuat anda semakin cantik. Selain cara itu, dengan menambahkan make up shadding akan membuat anda semakin mempesona. Sebenarnya ada banyak pilihan kerudung untuk wajah bulat, mulai dari jenis jilbab paris, pashmina, ataupun yang lainnya. Namun pilihlah model kerudung abstrak yang berbentuk lembaran berukuran lebar agar mudah dibentuk sesuai keinginan anda.

Berwajah oval

Bagi anda yang memiliki bentuk wajah oval, anda dapat mencoba berbagai jenis dan gaya kreasi jilbab dalaman, namun anda juga perlu memperhatikan warna dan aksesoris agar tidak terlihat terlalu banyak.

Berwajah lonjong atau panjang

Jika anda memiliki bentuk wajah oval dan panjang jilbab yang cocok adalah gaya turki. Model jilbab menggunakan dahi sentuh paling undercaps, sehingga mengurangi kesan panjang pada wajah anda. Jika wajah anda tipis dan ingin terlihat lebih berisi, gunakan syal pasmina agat terkesan lebih pas.

Tipe wajah berbentuk persegi

Bagi anda yang memiliki wajah kotak atau segitiga, menghindari model hijab gipsi yang dapat lebih menonjolkan bentuk rahang. Anda juga perlu menghindari warna-warna cerah dan mencolok. Anda dapat mencoba model kerudung bulat untuk mengurangi ketegasan wajah gais. Agar garis wajah terlihat lebih elegan dan halus, pilih warna-warna lembut, seperti warna pastel. Pilihlah jilbab rounded shabe atau jilbab berbentuk bulat / melingkar, hal ini dapat membingkai wajah anda menjadi lebih lembut serta mengurangi bagian sudut tajam di wajah anda.

Itulah tadi beberapa macam kreasi dan cara memakai hijab segi empat simple yang sudah kami berikan semoga tutorial kali ini bisa menambah refrensi anda dalam berkreasi dengan hijab yang anda miliki. Cukup ikuti langkah demi langkah dan lakukan secara teliti. Selamat mencobanya yah.

Baca juga:

Tags:

0 komentar



Emoticon